Pilih Laman

Tahukah kamu, komposisi sampah di Indonesia masih didominasi dengan sampah organik? Bicara Bandung misalnya, 63% sampah di kota Bandung terkategori organik (PD Kebersihan Kota Bandung, 2013). Hotel dan restoran adalah dua sumber potensial penghasil sampah organik, khususnya foodwaste.

Seperti dua bilah mata pisau, foodwaste bisa menjadi ancaman, bisa juga menjadi potensi. Ancaman ledakan di TPA salah satunya. Foodwaste yang dibiarkan menumpuk akan menimbulkan kondisi anaerob, sehingga dihasilkan salah satu gas rumah kaca yang 25 kali lebih berbahaya dibandingkan CO2, yaitu gas metan loh!

Berbeda halnya ketika foodwaste dikelola dengan benar. Foodwaste adalah jenis sampah yang mudah membusuk sehingga perlu untuk diolah sesegera mungkin agar tidak menimbulkan bau, mengundang penyakit, atau mengakibatkan ledakan. Pengolahan foodwaste sangat potensial karena dapat dihasilkan produk baru seperti pupuk organik cair.

Lantas, inilah bentuk kepedulian GOL dan Hotel Mason Pine Kota Baru Parahyangan terkait isu foodwaste. Mulai hari ini, Senin (03/08/20), GOL memberikan free trial pengolahan foodwaste Hotel Mason Pine selama satu bulan. Dalam sehari, timbulan sisa makanan yang mereka hasilkan dari dapur, restoran, maupun dari kamar pengunjung bisa mencapai ratusan kg.

Foodwaste yang sudah ditimbang siap untuk diolah dengan mesin hidrotermal.

Di era timbulan sampah meningkat setiap hari secara kontinyu, kita memerlukan teknologi yang dapat mengolah sampah sedini mungkin dalam waktu sesingkat mungkin. Menggunakan teknologi hidrotermal, foodwaste dapat diolah dalam waktu yang relatif singkat, tak lebih dari 3 jam. Hasilnya yaitu pupuk organik cair yang sudah terbukti khasiatnya bagi tanaman!

Pepatah bilang, “tak kenal maka tak sayang”, berarti perlu untuk tahu seluk beluk akan sesuatu untuk akhirnya timbul kepedulian, betul? Sama halnya dengan sampah. Ketidakpedulian terhadap sampah, bisa jadi karena rendahnya pengetahuan kita tentang sampah itu sendiri! Makanya, mulai kenali sampahmu, cari potensinya, OLAH, lalu manfaatkan!

Indonesia Kita Jaga, Sampahnya Kita OLAH. Guna Olah Limbah.

Bagikan halaman ini: