Pilih Laman

Riset & Pengembangan

Sejak tahun 2006, kami sudah melakukan riset mengenai teknologi pengolahan sampah untuk berbagai jenis sampah. Berikut adalah beberapa jenis sampah yang sudah dan akan diteliti oleh tim riset Guna Olah Limbah :

  1. Municipal solid waste (MSW)

Pada mulanya, tim riset GOL sudah aktif meneliti terkait bahan bakar padat dari limbah rumah tangga. Kami terus melakukan upaya untuk mengolah berbagai limbah yang mendominasi lainnya, terutama limbah organik kebanyakan sumbernya dari aktivitas rumah tangga juga dari pasar.

Untuk mengolah limbah organik, kami menggunakan teknologi rancangan GOL sendiri yaitu teknologi hidrotermal. Teknologi yang memiliki spesifikasi tekanan dan temperature tinggi ini mampu untuk mengolah limbah, sekalipun sekeras tulang.

Pengolahan sampah rumah tangga dengan teknologi hidrotermal.

2. Limbah popok

Berdasarkan hasil sampling yang tim kami lakukan, 6% dari total sampah yang ditemukan di TPST Benua Hijau adalah limbah popok. Kami terus melakukan riset terkait limbah ini menggunakan teknologi hidrotermal. Akhirnya, kami berhasil mengolah limbah popok dengan hasil olahan berupa fiber dan plastik yang sudah secara alami terseparasi. Saat ini, limbah popok tersebut berhasil kami jadikan pokbrick, yaitu bata dari fiber popok, pot, jam dinding, dan berbagai produk lainnya.

Pengolahan limbah popok dengan teknologi hidrotermal.

  1. Bungkus kopi

Seperti yang kita tahu,  trend “ngopi” semakin menjamur di Indonesia. Berbagai aktivitas, mulai dari diskusi, meeting, atau berkumpul bersama rekan rasanya tak lengkap tanpa ngopi. Di mana ada aktivitas, di situlah sumber limbah biasanya muncul. Tak terkecuali aktivitas “ngopi”. Limbah bungkus kopi juga salah satu ancaman di dunia persampahan. Jenisnya yang berbeda, yakni plastic multilayer, tersebut terkategori plastik nondaurulang. Tentu hal ini menjadi sumber masalah baru.

Tim riset GOL juga telah melakukan riset untuk mengolah plastic multilayer kemasan kopi menggunakan mesin pirolisis. Dari pengolahan, dihasilkan minyak kental yang menyerupai paraffin pada temperatur ruang. Selain itu, dihasilkan pula aluminium yang berpotensi menjadi ingot yang dapat digunakan sebagai bahan dasar aluminium di pabrik-pabrik.

  1. Multilayer plastic (kemasan sheet mask)

GOL telah melakukan riset pengolahan limbah kemasan sheet mask berupa plastik multilayer menggunakan teknologi pirolisis. Hasil olahan limbah berupa minyak bakar dan juga padatan aluminium. Saat ini, kami sudah bekerja sama dengan Skin Dewi, Beauty Haulindo, Somethinc, dan juga Haple untuk mengolah kemasan skin care konsumen yang telah terkumpul di Tong Nyampah.

  1. Sikat gigi bekas (soon)

Di balik gigi putih bersih, ternyata ada sampah yang berakhir tanpa kejelasan. Setiap hari kita rutin menyikat gigi dan beberapa bulan sekali mengganti sikat tersebut. Sungguh ironis, sikat gigi yg dipakai untuk membersihkan diri kita tapi alat pembersih tersebut justru berakhir menjadi sampah.

Hingga tanggal 31 Agustus 2020, GOL memberi kesempatan kepada masyarakat untuk mengirimkan sikat gigi bekas untuk diriset lebih lanjut pengolahannya. GOL selalu ingin berinovasi dari pengolahan. Bukan sekedar terolah, harapannya hasil olahan dapat pula dimanfaatkan.

  1. Masker (soon)

Sejak pandemic Covid-19 melanda, penggunaan masker sekali pakai juga sempat menjamur. Meski pada akhirnya mulai beralih trend menjadi masker kain, tapi tetap potensial menjadi sumber limbah yang tak terkendali. GOL akan segera melakukan riset terkait limbah masker sehingga limbah tersebut tidaak menumpuk menjadi sumber penyakit baru.