Pilih Laman

Golimbah.com, MADIUN – Kota yang nyaman ialah kota yang terjaga kebersihannya. Dalam menjaga kebersihan kota, peran petugas kebersihan kota menjadi sangat vital. Para petugas yang bekerja sejak pagi buta atau mulai malam yang gulita memberi kontribusi besar dalam menjaga kenyamanan kota. Dengan demikian, kompetensi para petugas kebersihan akan berdampak besar pada kebersihan kota. Semakin banyak kompetensi, semakin besar kebermanfaatan sang petugas kebersihan.

Demikianlah yang dilakukan DLH Kota Madiun. Sebagai upaya meningkatkan kompetensi petugas kebersihan lapangan, DLH kota Madiun bekerja sama dengan Guna Olah Limbah (GOL) mengadakan pelatihan pengelolaan dan pengolahan sampah pada Kamis (17/06/2021).

Sebagai upaya menjaga protocol kesehatan, pelatihan yang diikuti 115 peserta ini dibagi menjadi dua sesi, yakni sesi pagi dan sesi siang. Pelatihan yang berlangsung selama 3 jam per sesi ini dibawakan langsung oleh Beyrra Triasdian, S.Si., MT. selaku perwakilan dari GOL.

Pelatihan mencakup empat topik utama, yakni

  1. Pengelolaan sampah kota dan komunal. Topik ini berisi tentang gambar pengelolaan dan pengolahan sampah kota saat ini dari hulu hingga hilir, serta peran karyawan DLH di dalam sistem pengelolaan sampah.
  2. Pemilahan dan daur ualng sampah kota. Topik ini berisi tentang karakteristik fisik dan kimia sampah untuk didaur ulang, serta pemilahan yang sesuai dengan proses daur ulang yang ada.
  3. Teknologi dan teknik pengolahan sampah kota. Topik ini berisi tentang teknologi pengolahan sampah kota yang ada di Indonesia dan dunia, serta teknik pengolahan skala komunal yang dapat dilakukan.
  4. Praktik pengolahan sampah.Topik ini berisi praktik pengolahan sampah secara biologis bagi sampah organik dalam skala kecil, serta pengolahan sampah plastik secara termal (membutuhkan listrik 3 kW).

Dengan adanya pelatihan ini, diharapkan para peserta dapat mengelola sampah secara lebih maksimal di lapangan. Tak lupa, peserta juga bisa mulai mempraktikkan pengolahan sampah yang sederhana di rumah masing-masing.

 

 

Bagikan halaman ini: