Pilih Laman

Kolaborasi & Kemitraan

Sampai saat ini, paradigma “kumpul-angkut-buang” masih diterapkan sebagai pengelolaan sampah di Indonesia. Seolah dengan menaruh sampah pada tong sampah saja, masalah persampahan selesai. Apapun perlakuan terhadap sampah, bukan lagi urusan konsumen. Padahal, sampah yang baru dibuang ke tong sampah itu baru saja memulai perjalanan panjangnya.

Sampah yang terkumpul kemudian akan diangkut oleh dump truck menuju Tempat Pemrosesan Akhir (TPA). Faktanya, saat ini sebagian besar aktivitas pengelolaan sampah Indonesia masih terkonsentrasi pada pengangkutan yang berakhir pada penimbunan di TPA.

Ternyata, buang sampah di tempatnya saja tidak cukup kalau kita tahu bahwa sampah tersebut hanya akan menggunung di TPA. Seperti bom waktu, kapan saja bisa meledak. Ingat peristiwa ledakan di TPA Leuwigajah? Kurang lebih begitulah potret apabila sampah tidak dikelola sejak dini.

GOL sebagai perusahaan berbasis riset senantiasa berinovasi hingga akhirnya kami hadirkan “Tong Nyampah”. Tong ini bukan sekadar kontainer pengumpul sampah. GOL mengolah sampah yang terkumpul dengan teknologi hidrotermal dan pirolisis. Hasil olahannya pun memiliki nilai guna!

Saat ini kami telah berkolaborasi dan bermitra dengan PT Softex Indonesia untuk limbah popok, Skin Dewi, dan Beauty Haul Indo untuk kemasan bekas skin care. Semua limbah ditampung di “Tong Nyampang” yang telah tersebar di berbagai tempat, di antaranya mall Parijs van Java, 23 Paskal, Rumah Sakit Limijati, Galenia Daycare Preschool, Lotte Avenue, Aeon Mall BSD City, Aeon Mall Jakarta Garden City.

Seiring dengan riset yang terus dilakukan, GOL berharap bisa mengolah berbagai jenis limbah ke depannya, termasuk limbah dari berbagai sumber, tak terkecuali FMCG, kedai kopi, dan lain-lain.

Melalui “Tong Nyampah”, masyarakat tak hanya teredukasi terkait pentingnya memilah, tetapi juga mengolah limbah menjadi sesuatu yang bermanfaat. Bertanggung jawab dalam mengelola sampah bukan hanya urusan konsumen, tetapi juga produsen. Ketika keduanya berkolaborasi, tentunya kita akan ciptakan lingkungan yang nyaman  dan aman sebagaimana yang kita cita-citakan.

Indonesia Kita Jaga, Sampahnya Kita OLAH. Guna Olah Limbah.